Peluang Usaha dan Bisnis Roti Bakar Unik

Mendirikan bisnis pembuatan roti bakar unik dengan skala rumahan bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sedang mencari usaha yang menguntungkan. Bisnis rumahan seperti ini termasuk kedalam kategori ukm yang tidak memerlukan modal terlampau besar dan dapat dijalankan pada lokasi dengan space terbatas hanya dengan menggunakan dapur ataupun garasi rumah bisnis ini sudah bisa berjalan mengingat alat-alat berupa mesin yang dibutuhkannya tidak berukuran besar.

Bisnis roti bakar unik rumahan semacam ini juga dapat dijalankan di berbagai tempat karena pangsa pasarnya yang cukup luas tentunya pembaca semua pernah melihat di kios pinggir jalan roti bakar unik seperti ini dijajakan dengan berbagai rasa seperti coklat, moca, susu dan lain sebagainya. Roti bakar unik ditawarkan dengan harga bervariasi dari mulai 1000 sampai 10 ribuan tergantung ukuran dan jenisnya.

Itulah salah satu hasil dari produk bisnis roti bakar unik kelas rumahan ini, rata-rata mereka memasarkan rotinya dengan sistim titip ke warung, setiap hari akan ada orang yang bertugas datang untuk memeriksa jumlah roti bakar unik yang laku terjual di hari sebelumnya selain itu mereka juga menyetok kembali jika stok roti bakar unik di warungnya mulai berkurang.

Jangkauan pemasarannya bergantung dari skala besarnya bisnis pembuatan roti bakar unik yang dijalankan, jika daya produksi rotinya masih sedikit biasanya cakupan penjualannya hanya disekitar wilayah pembuatannya, armada yang digunakan untuk berjualan pun cukup memakai kendaraan roda dua seperti sepeda motor atau sepeda.

Sebaliknya untuk usaha pembuatan roti bakar unik rumahan yang sudah berskala lumayan besar, lingkup pemasaran mereka biasanya lebih luas karena kemampuan produksi rotinya pun sudah lebih besar, armada yang digunakan untuk pemasaran biasanya sudah berupa kendaraan roda empat, usaha pembuatan roti bakar unik dengan skala seperti ini bahkan pemasarannya sudah mampu mencapai luar kota.

Langkah Memulai Bisnis Roti Bakar Unik Rumahan

Tertarik dengan model bisnis seperti ini? Pertama yang harus Anda persiapkan ialah keahlian atau kemahiran untuk membuatnya baik dimiliki sendiri ataupun dengan merekrut orang yang ahli dibidang pembuatan roti bakar unik.

Baca juga  Cara Membuat Es Buah yang Enak dan Menyegarkan
Kemudian juga perlu diberikan berbagai alat penunjang berupa mesin dan peralatan produksi lainnya, dalam menyediakan mesin inilah yang paling memakan banyak biaya usaha karena harga dari tiap mesinnya cukup mahal, diantaranya yang biasa digunakan adalah:

Mixer, yang berfungsi sebagai pembentuk adonan utama pembuatan roti bakar unik.

Mesin Proofer atau lemari pengembang roti bakar unik, berperan untuk mempercepat proses pengembangan adonan roti bakar unik sebelum dimasukan ke dalam oven.

Dough Divider, atau mesin pembagi adonan. Fungsinya adalah untuk membentuk dan membagi adonan roti bakar unik agar ukurannya sama rata.

Oven, berguna untuk memanggang sebagai langkah terakhir dalam pembuatan roti bakar unik.

Berbagai jenis alat pendukung lain juga dibutuhkan, seperti loyang, pemotong, cetakan dan lain lain. Harga dari tiap-tiap mesin di atas bervariasi tergantung dari jenisnya, sebagai perkiraan harganya antara 6 jutaan sampai 15 jutaan. Sehingga kalau Anda ingin secara lengkap memiliki seluruh mesin produksi roti bakar unik ini, modal yang harus Anda persiapkan sekitar 30 sampai 50 jutaan.

Lumayan besar memang modal yang dibutuhkan, namun jangan dahulu bersedih jika modal usaha pembuatan roti bakar unik rumahan Anda belum sampai angka di atas. Contoh yang kami ulas di atas hanyalah sebagai perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk membeli mesin pembuat roti bakar unik yang bagus.

Sumber : https://ramesia.com/usaha-roti-bakar-unik/

Pilihan Tepat Memulai Usaha Es Batu Balok

Siapa yang tak kenal dengan yang namanya es batu. Salah satu cara gampang untuk menciptakan minuman dingin adalah memakai es batu. Oleh karena itu pasti hampir semua orang pernah menikmatinya.

Es batu pada dasarmya hanya air yang mengalami pendinginan hingga di bawah 0 derajat celicus, sehingga air membeku dan menjadi es. Es batu bisa terjadi secara alami maupun buatan. Meskipun namanya es batu, tetapi es batu tak ada hubungannya dengan batu.

Es batu seringkali dibandingkan dengan es kering. Di bahasa inggris pun kedua es tersebut hanya dibedakan oleh kata “dry”, satu disebut ice, satu lagi dinamai dry ice. Memang keduanya memiliki kesamaan fungsi, tetapi cara dan zat pembentukannya berbeda. Es batu dibuat dari H2O atau air biasa yang dibekukan. Sedangkan es kering atau dry ice adalah karbondioksida atau CO2 yang dipadatkan.

Dengan keberadaan teknologi freezer, pembuatan es batu di waktu sekarang ini sangatlah mudah. Kita tinggal cuma menaruh air dalam freezer dan membiarkannya beku. Freezer pun pada saat ini bermacam-macam, mulai dari yang kecil untuk keperluan individu, hingga freezer yang berukuran besar untuk keperluan industri.

Kebutuhan Individual dan Industri akan Es Batu
Es batu sekarang ini sudah nyaris menjadi kebutuhan primer. Baik keperluan bagi individu maupun pasar. Bagi pribadi, es batu dibutuhkan untuk membuat minuman atau mendinginkan makanan. Sedangkan bagi industri atau pasar, es batu digunakan untuk membuat produk atau mengawetkan produk. Misalnya seperti sekedar sebagai bahan pendingin dari minuman es hingga menjadi pengawet dari ikan yang dikirim dalam kontainer.

Peluang Usaha Es Batu Balok
Mungkin tidak banyak yang mengetahui, bahwa ternyata cukup banyak kebutuhan es batu di pasar. Memang, bila cuma melihat usaha “jual es batu” rumahan yang biasa terdapat di pinggir jalan atau rumah-rumah, tak terlihat bahwa usaha tersebut begitu menguntungkan. Tetapi yang harus kita butuh untuk ketahui adalah usaha es batu balok tak cuma terdapat di “jual es batu” rumahan atau pinggiran itu, tetapi ada yang lainnya.

Baca juga  Peluang Bisnis Roti dan Cake yang Manis
Di rumah makan atau restoran misalnya kita ambil contoh. Restoran membutuhkan es batu untuk mendinginkan minuman atau makanan. Selain itu restoran juga memakai es batu untuk mendinginkan bahan makanan seperti misalkan Ikan. Yang mana tujuan ikan tersebut didinginkan sebelum diproses adalah agar ikan tidak busuk.

Selain restoran kita dapat ambil contoh di usaha perikanan. Seperti yang kita ketahui bahwa Ikan harus lah tetap segar sampai terjual kepada konsumen agar terjaga kualitasnya. Seringkali ini menjadi kendala karena waktu proses pengiriman, kesegaran ikan hilang atau berkurang karena suhu. Oleh karena itu Ikan harus dipelihara supaya tetap dingin, segar, dan lembap ketika proses pengiriman. Salah satu cara dalam hal melakukan penjagaan tersebut adalah dengan mengirimnya dalam box atau wadah tertutup yang mempunyai suhu dingin. Dan salah satu untuk membuat dingin suhu dalam box atau wadah tersebut adalah dengan memberinya es batu.

Oleh karena itu kebutuhan pasar terhadap es batu tidak bisa dibilang kecil. Maka harus ada yang memenuhi permintaan sekaligus peluang usaha es batu balok ini.

Ruth Harso, owner Ice Cube Crystal bisa menghasilkan kira-kira 10 ton es batu kristal per hari. Es itu ia beri harga seharga 1400/kg es batu kristal. Dari penjualan dengan harga tersebut ia bisa mengantongi profit sampai 50%.

Ahmad Zalu Wibowo di Cijantung, Jakarta juga melakukan usaha es batu kristal. Ia menghasilkan 4 ton es batu kristal per hari. Es batu tersebut dia jual dengan harga 1200 per kg-nya. Dari penjualan itu ia meraup profit hingga 20%.

Ahmad berkata bahwa pengguna es batu kristal tidak hanya terbatas pada rumah makan dan restoran saja. Orderan es batu bisa datang dari pagelaran event-event, misalnya seperti Java Jazz. Event-event sekelas Java Jazz dapat membutuhkan es batu sampai 10 ton setiap hari.

Di dua contoh keberhasilan usaha es batu balok tadi yang kami dapatkan dari peluangusaha.kontan.co.id, bisa kita ambil kesimpulan bahwasannya usaha es batu balok memiliki potensi profit yang cukup besar.

Baca juga  Cara Membuat Kopi ala Barista
Kebutuhan dalam Memulai Usaha Es Batu Balok
Tempat
Biaya yang pertama harus kita adakan adalah modal tempat. Meskipun barang es batu ini tidak terlalu begitu, tetapi jika kita sudah bermain di level “ton-ton-an” tentu harus mempunyai tempat yang luasnya mencukupi. Bahkan di samping bangunan yang memadai, kita juga memerlukan tempat yang terjaga suhunya dan bersih. Tentu jika tempat kotor dapat memunculkan risiko kotornya es batu. Dan tentu kalau tempatnya mudah panas akan membuat es tak awet.

Di bangunan itu kita juga akan melaksanakan proses penciptaan es batu dengan mesin dan alat yang kita sudah siapkan. Di samping itu, kita juga memerlukan tempat itu sebagai tempat penyimpanan sementara sebelum es batu dibawa ke pengguna.

Alat Pembuat Es Batu
Untuk menghasilkan es batu dalam kuantitas besar sudah pasti kita membutuhkan alat pembuat es batu atau freezer khusus.

Kita lihat contoh Ahmad di atas. Beliau mengeluarkan 200 juta untuk memperoleh 3 unit mesin pembuat es dengan pemasangannya. Sedangkan tempat seluas 200m2 sudah ia punyai sebelumnya. Mesin yang ia dapat dari Jepang itu bisa membuat dua ratus kg es kristal dalam waktu empat jam.


Comments

Popular posts from this blog

Bisnis Restoran ala Maia Estianty

Cara Membuat Steak Ikan Dori yang Lezat Tanpa Duri

Bisnis Makanan Ringan yang Menjanjikan untuk Anda