Cara Sederhana Membuat Capcay Jamur

Anda pasti tahu panganan yang bernama capcay. Masakan ini sangat tepat dijadikan sebuah menu makanan yang nikmat bagi keluarga Anda. Karena, selain rasanya yang ekslusif, cap cay juga kaya akan kandungan nutrisi didalamnya. Kandungan nutrisi tersebut tentu saja cukup berguna untuk kebugaran tubuh.

Lebih dari itu, cap cay juga bisa dimasak menjadi berbagai macam hidangan makanan spesial terutama dibuat menjadi sayur sop yang gurih. Dengan dilengkapi beberapa rempah-rempah yang membuat sehat, kuliner ini tentu akan meninggikan selera makan Anda kembali semakin tergugah. Baik dengan cara digoreng maupun dengan cara diberi kuah, cap cai sama-sama enak.

Cap cai, capcai atau capcay merupakan salah satu menu kuliner yang berawal dari budaya masyarakat Tionghoa. Kata capcay sendiri mempunyai arti sepuluh sayur, namun tidak berarti kita harus menggunakan 10 macam sayuran saat membuat capcay jamur. Lebih tepatnya, capcay bisa diartikan sebagai kuliner yang menggunakan berbagai macam sayuran sebagai bahan utamanya.

Cap cay yang akan kita buat kali ini adalah jenis cap cai sederhana. Sebenarnya, resep capcay jamur sederhana tidak jauh berbeda dengan cap cai jenis lainnya karena semua jenis capcay menggunakan banyak sayuran, dan yang membedakan hanyalah proses pembuatannya. Sesuai namanya, cara memasak berbagai varian sayuran ini bisa dimasak memakai kuah atau bisa juga ditumis dengan air secukupnya.

Saat membuat capcay jamur, sekali lagi tidak ada tips resep yang pasti & tidak harus menambahkan 10 varian sayuran. Seperti biasanya, bahan-bahan pokok capcay sederhana diantaranya adalah: buncis, kembang kol, sawi, cai sim, kapri, jamir kuping segar, jagung muda dan lain-lain. Resep cap cai sederhana tidak mengharuskan jumlah atau jenis sayuran, semua tergantung pada minat dan ketersediaan sayurannya.

Resep Capcay Jamur Sederhana Lezat dan Praktis
Saat memasak capcay, yang perlu kita perhatikan adalah tekstur sayuran agar tidak terlalu layu. Jika terlalu layu, maka nilai gizi yang terdapat didalamnya akan minim dan warna capcay juga menjadi kurang indah. Masaklah beberapa menit namun jangan sampai terlalu sebentar dan terlalu masak. Dan sebelum memasak, pastikan semua sayuran telah dicuci bersih untuk menjaga kebersihannya.

Baca juga  Usaha Jus Oreo
Bahan-bahan Resep Capcay Jamur Sederhana
1. 5 buah jagung muda.
2. 5 bh kembang kol, tiris menjadi dua
3. 5 bh brokoli, belah dua
4. 5 batang buncis, iris serong dengan pisau
5. 1 btg wortel, iris tipis-tipis
6. 6 buah jamur kancing segar, belah dua
7. 6 btr bakso sapi, lalu diiris
8. 6 ekor udang kupas
9. 10 bh kapri muda segar, iris serong
10. 1 bh caisim, potong sedang
11. 1 bh swai hijau, potong sedang

Bumbu – bumbu
1. 4 butir bawang merah bagus, cincang sampai halus
2. 2 suing bawang putih, cincang halus
3. 1 bh bawang bombay, potong dadu
4. 1 btg daun bawang, potong pendek-pendek
5. 1 buah tomat segar, potong dadu
6. 2 cm jahe asli, lalu tumbuk
7. 1 sendok teh garam
8. 1 sendok teh gula pasir
9. 1/2 sdt merica jenis bubuk
10. 2 sdm saus tiram
11. 1 sendok makan kecap manis
12. 1 sdm tepung maizena
13. 50 milliliter kaldu ayam cair

Cara Memasak Capcay Jamur Sederhana
1. Siapkan semua bahan sayuran dan pastikan telah dibasuh resik sebelumnya, siapkan bumbu-bumbu, larutkan tepung maizena dalam kaldu ayam cair, kemudian.
2. Panaskan semua bawang merah, semua bawang putih dan bawang bombay sampai mengeluarkan bau harum.
3. Tambahkan tomat, jahe tumbukan dan daun bawang sesuai matriks di atas, masak beberapa menit sampai daun bawang agak layu.
4. Tambahkan semua bahan, lalu masak beberapa menit.
5. Taburkan garam, gula pasir alami, merica bubuk, saus tiram dan kecap hitam. aduk sampai rata.
6. Terakhir, masukkan larutan tepung maizena dan kaldu ayam cair, olah hingga air matang dan semakin terasa.
7. Angkatlah kemudian sajikan hangat.

Tips memasak capcay jamur goreng maupun capcay jamur kuah memang bisa disesuaikan. Anda bisa menambahkan berbagai pilihan sayuran hijau kedalamnya sehingga kaya akan nilai gizi yang baik untuk tubuh terutama anak kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-capcay-jamur/
https://ramesia.com/

Tips Membuka Restoran Mini 


Bisnis restoran atau rumah makan memang sangat menguntungkan dan menjanjikan, pasalnya setiap orang pasti membutuhkan makanan kan? jadi bisa Anda bayangkan sendiri bila masakan yang Anda buat di sukai oleh konsumen Anda.

Tantangan dalam bisnis restoran atau rumah makan adalah bagaimana caranya makanan yang Anda tawarkan bisa laku dan disenangi oleh pelanggan. Nah, disinilah Anda harus berpikir keras untuk mengembangkan suatu ide dan juga membutuhkan kreatifitas yang tinggi supaya usaha restoran atau rumah makan yang Anda jalankan menjadi restoran yang terunik dan yang paling terkenal di wilayah Anda.

Bisnis restoran mini juga bisa mencapai kesuksesan karena menu yang dijual sesuai dengan target pasarnya, yaitu orang yang menyukai menu masakan tersebut, semisal restoran sea food.

Usaha restoran atau rumah makan, sekarang ini terasa semakin berkembang pesat dalam dunia perdagangan. Setiap orang butuh makan, maka tak heran, jika usaha restoran atau rumah makan selalu tidak ada habisnya. Karena untuk mencukupi keperluan primer setiap orang. Tapi, untuk memulai dan mengelola restoran juga tak boleh sembarangan karena bisa-bisa akan berhenti di tengah jalan. Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk memulai dan sukses dalam usaha restoran.

Baca juga  Peluang Usaha Ikan Laut
1. Menu Masakan
Menu masakan adalah salah satu yang faktor terpenting dalam suatu bisnis restoran, sebab menu ini yang akan menentukan segalanya. Jadi apabila Anda ingin membuka sebuah usaha restoran, maka alangkah lebih baik Anda pikirkan menu makanan apa yang kira-kira paling laris dan populer di daerah Anda. Anda juga dapat memilih menu makanan yang tidak ada di daerah Anda, sehingga restoran Anda akan menjadi satu-satunya dan terlihat paling langka.

2. Persiapan Bahan Baku
Bahan baku dapat didapatkan dengan bekerja sama dengan supplier sayuran dan sembako atau bisa langsung belanja di pasar tradisional ataupun modern. Anda perlu memastikan kualitasnya bagus sebab akan berpengaruh pada rasa makanan.

3. Survey Pasar
Untuk dapat mengetahui kebutuhan pelanggan, survey pasar perlu dilakukan. Survey yang dilakukan antara lain harga pasaran, pesaing terdekat, dan lain-lain. Dengan demikian, Anda akan mempunyai gambaran dan perbandingan untuk merencanakan style usaha Anda.

4. Ciri Khas
Sebuah restoran pun perlu mempunyai ciri khas supaya para pembeli tidak sulit untuk menemukannya dan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Contohnya Anda bisa menggunakan nama unik, tempat yang unik atau rasa yang unik pada makanan yang Anda jual.

5. Lokasi Restoran
Lokasi adalah salah satu hal penentu kesuksesan suatu bisnis restoran. Jadi bila Anda ingin membuka sebuah bisnis restoran sebaiknya Anda pikirkan lokasi yang tepat dan strategis untuk bisnis Anda. Yang pasti pilihlah tempat yang ramai akan pengunjung. Dengan berlokasi di tempat yang ramai maka kemungkinan besar restoran Anda akan ramai pula.



Comments

Popular posts from this blog

Bisnis Restoran ala Maia Estianty

Bisnis Makanan Ringan yang Menjanjikan untuk Anda

Tips dan Cara Sukses Menjalankan Bisnis Snack Sehat