Cara Membuat Adonan Es Puter

1. Cara Membuat Adonan Es Puter padat
Bahan utama Cara Membuat Adonan Es Puter padat adalah tepung yang dicampur dengan air dan bahan lain seperti ragi, telur, lemak, garam sebelum diuleni menggunakan tangan atau mesin sehingga kalis (tidak lengket) dan dapat dibentuk, contohnya: Cara Membuat Adonan Es Puter pizza, tortilla, pastry, spaghetti, roti, donat, berbagai jenis kue kering, dan kulit untuk berbagai jenis dimsum (siomai, lumpia, bakpao).

2. Cara Membuat Adonan Es Puter encer
Tepung sebagai bahan utama biasanya tidak dicampur air, tapi dicampur dengan gula, telur, atau susu sebelum dicampur (dikocok) menggunakan mesin atau tangan sampai membentuk cairan yang encer dan kental seperti krim, contohnya: Cara Membuat Adonan Es Puter wafel, pudding, cake, bolu, panekuk, beberapa varian kue kering, beberapa jenis roti, dan berbagai jenis gorengan.

Namun bila dilihat dari bahan-bahan serta pembuatannya, Cara Membuat Adonan Es Puter dapat dikategorikan dalam beberapa jenis:

1. Cara Membuat Adonan Es Puter pasir
Cara Membuat Adonan Es Puter pasir adalah Cara Membuat Adonan Es Puter yang proses pembuatannya memakai 2 buah pisau dapur yang dipotong halus hingga menyerupai butiran pasir dan diselesaikan dengan cara dibakar atau dioven. Cara Membuat Adonan Es Putar pasir dapat dibagi menjadi 2 antara lain :

2. Cara Membuat Adonan Es Puter pasir rasa manis (Sugar pastry)
Cara Membuat Adonan Es Puter pasir rasa manis menggunakan bahan dasar terigu, margarin, gula halus, dan kuning telur.

Contoh: Nastar, bola nanas, putri salju, moka salju dll.

a. Cara Membuat Adonan Es Puter pasir rasa asin

Cara Membuat Adonan Es Puter short pastry menggunakan bahan dasar tepung terigu, mentega, sedikit garam dapur serta kuning telur.

Baca juga  Cara Memulai Usaha Jus Tebu dengan Modal Kecil
Contoh: Kue krakeling asin, kastengel, bola keju dll.

b. Cara Membuat Adonan Es Puter rebus

Cara Membuat Adonan Es Puter rebus ialah Cara Membuat Adonan Es Puter yang cara pembuatannya dengan direbus dan diselesaikan dengan cara direbus atau dikukus, digoreng dan dioven.

Contohnya: Macam-macam kue sus, Bubur manis/cendol, nagasari beras/hungkue, jenang.

3. Cara Membuat Adonan Es Puter Lembaran
Cara Membuat Adonan Es Puter lembaran ialah Cara Membuat Adonan Es Puter yang cara pembuatannya dengan digiling atau ditipiskan hingga menyerupai lembaran dan dimatangkan dengan cara digoreng atau dioven.

Cara Membuat Adonan Es Puter Lembaran dibagi menjadi 2 macam:

a. Cara Membuat Adonan Es Puter Pai (Pastei)

Cara Membuat Adonan Es Puter Pie) menggunakan bahan baku terigu, margarin dingin, garam dan air yang dimatangkan dengan dioven dan berguna sebagai kulit kue.

b. Cara Membuat Adonan Es Puter Feuillete/Bladerdeeg

Cara Membuat Adonan Es Puter Feuillete menggunakan bahan baku tepung terigu, korsvet (lemak padat) serta air dingin sehingga akan menghasilkan kue yang berlapis-lapis yang dimatangkan dengan cara dioven atau digoreng.

Contoh: Roti amandel, kue puff pastry, kue roomhorn, dll.

4. Cara Membuat Adonan Es Puter goreng
Cara Membuat Adonan Es Puter goreng ialah Cara Membuat Adonan Es Puter yang dimatangkan dengan cara digoreng.

Cara Membuat Adonan Es Puter goreng ada tiga macam antara lain:

a. Cara Membuat Adonan Es Puter goreng biasa

Cara Membuat Adonan Es Puter goreng biasa menggunakan bahan baku tepung beras, tepung terigu atau tepung ketan dan air (air biasa atau air santan).

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-adonan-es-puter/

Bisnis Makanan Ringan yang Menjanjikan untuk Anda


Membuka suatu usaha tidak selalu membutuhkan modal besar. Misalnya usaha di bidang makanan ringan yang bisa Anda mulai dengan modal ratusan ribu saja. Anda juga tidak perlu menyewa ruko dan membeli perlengkapan industri khusus. Menariknya adalah untung dari bisnis makanan ringan ternyata menggiurkan.

Meskipun bukan makanan pokok, tak sedikit orang yang menyukai makanan ringan. Biasanya makanan ringan dijadikan oleh-oleh atau dikonsumsi saat bersantai. Agar bisnis makanan ringan Anda sukses, Anda perlu memiliki jaringan pemasaran yang lumayan luas dan menjualnya dengan harga terjangkau.

bisnis makanan ringan

Rempeyek Kacang
Camilan ini termasuk yang paling digemari masyarakat Indonesia karena mempunyai citarasa gurih dan tekstur garing. Rempeyek kacang kerap dimakan sebagai pengganti kerupuk. Umumnya rempeyek kacang dijual di warung makan, restoran dan kantin.

Proses pembuatan rempeyek kacang juga tidak tergolong rumit. Selain itu, bahan-bahan rempeyek kacang juga dapat Anda peroleh di pasar maupun tukang sayur. Peralatan untuk membuat rempeyek kacang pun cukup sederhana. Inilah mengapa bisnis makanan ringan berupa rempeyek kacang dapat Anda kerjakan di rumah Anda sendiri.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat bumbu halus dari ketumbar, kemiri, kencur, bawang putih dan garam. Lalu, campur tepung beras, santan, irisan daun jeruk purut, kuning telur, kacang tanah dengan air dan bumbu halus.

Langkah selanjutnya yaitu goreng adonan sampai warnanya berubah kuning kecoklatan. Tiriskan rempeyek kacang supaya kerenyahannya tetap terjaga. Kemudian masukkan rempeyek kacang buatan Anda di dalam kemasan plastik.

Analisis Usaha
santan kelapa                                              Rp4.000,00
¼ kilogram tepung beras                             Rp4.000,00
1 butir telur                                                  Rp2.000,00
6 butir bawang putih                                    Rp1.000,00
¼ kilogram kacang tanah                            Rp7.000,00
6 lembar daun jeruk                                    Rp1.000,00
1 liter minyak goreng                                  Rp15.000,00
garam                                                         Rp2.000,00
5 butir kemiri                                              Rp1.000,00
1 ruas kencur                                             Rp1.000,00
1 bungkus ketumbar                                  Rp1.000,00
plastik                                                        Rp10.000,00
Total                                                                     Rp49.000,00

Harga Jual Rp4.000,00 x 30                                Rp120.000,00

Keuntungan = Penjualan – Total Modal = Rp120.000,00 – Rp49.000,00 = Rp71.000,00

bisnis makanan ringan
Singkong Keju
Dahulu singkong sering diidentikkan sebagai makanan orang desa. Padahal, singkong bisa dikreasikan menjadi camilan yang lezat, kekinian dan bernilai jual cukup tinggi. Dengan tambahan parutan keju, singkong akan semakin dilirik oleh konsumen.

Singkong keju memiliki bagian dalam yang empuk dan lumer. Sementara itu, di bagian luarnya merekah dan terasa renyah. Perpaduan inilah yang membuat singkong keju selalu ludes diburu para penggemarnya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar rasa singkong keju Anda enak dan memanjakan lidah konsumen. Pertama, Anda disarankan tidak memilih singkong yang telah lama dicabut dan ujungnya kebiruan. Kedua, jangan potong singkong dengan ukuran kecil karena singkong akan mudah hancur.

Cara membuat singkong keju adalah kupas dan cuci singkong sampai bersih. Setelah itu, potong singkong dalam ukuran agak besar dan kukus hingga empuk. Angkat kukusan dan rendam singkong di dalam wadah berisi air es yang telah diberi bumbu halus berupa bawang putih dan garam.

Waktu perendaman berlangsung selama 1 jam. Langkah berikutnya ialah menggoreng singkong memakai minyak banyak sampai warnanya kuning keemasan. Terakhir, taburkan keju parut di bagian atas singkong.

Analisis Usaha Bisnis Makanan Ringan
1 kilogram singkong                              Rp2.000,00
bawang putih                                        Rp1.000,00
keju parut                                             Rp15.000,00
garam                                                  Rp1.000,00

Comments

Popular posts from this blog

Bisnis Restoran ala Maia Estianty

Cara Membuat Steak Ikan Dori yang Lezat Tanpa Duri

Bisnis Makanan Ringan yang Menjanjikan untuk Anda